Beristirahat di Rest Area Akan Ada Batasan Waktunya

Sebagai informasi untuk Anda, Tempat istirahat dan Pelayanan (TIP) atau disebut rest area merupakan fasilitas yang bisa dimanfaatkan pengguna jalan tol saat menempuh perjalanan jauh.

Selama arus mudik lebaran 2022 nanti, PT Jasa Marga (Persero) berencana akan memberlakukan aturan pembatasan waktu penggunaan rest area.

Hal tersebut diungkapkan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam konferensi pers Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Menurutnya, pembatasan waktu penggunaan rest area dilakukan untuk menghindari kemacetan akibat antrean kendaraan di rest area.

“Kami sudah melakukan pembahasan pembatasan waktu rest area supaya sudara-saudara kita yang lain bisa pakai,” ujar Heru di Bekasi, Senin (11/04/2022).

Selain pembatasan waktu di rest area, pihaknya juga akan memberlakukan skema buka tutup rest area bila terjadi penumpukan kendaraan.

Oleh karena itu, Heru mengimbau pengguna jalan tol untuk bisa mematuhi petugas bila diberlakukan pembatasan waktu hingga buka tutup rest area.

Mengenai batasan waktu dan pelaksanaan buka-tutup rest area, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT Jasa Marga Business Related (JMRB), Tita Paulina Purbasari, menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Batasan waktu di rest area sampai saat ini kami masih koordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai pembina,” ungkap Tita.

Sekadar informasi, Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi pada 29 April 2022 atau H-3 sebelum lebaran dan arus balik 8 Mei 2022 atau H+5 lebaran.

Selama momen mudik lebaran memprediksi volume lalu lintas tol pada mudik lebaran 2022 akan mengalami lonjakan yakni lebih dari 2,5 juta kendaraan.

Volume tersebut naik cukup signifikan dibanding masa pandemi Covid-19 seperti mudik lebaran 2020 tercatat 900 ribu kendaraan dan mudik lebaran 2021 sebanyak 1,4 juta kendaraan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *