Indikator untuk Penggantian Gir Motor yang Paling Akurat

Sepertinya, terkait kapan kita harus ganti gir pada motor masih menjadi sebuah pertanyaan bagi kebanyakan pemilik motor. Sebenarnya, bukan cuma mata gir yang berubah tajam, ini patokan gir motor harus segera diganti.

Mata gir yang berubah jadi tajam umumnya jadi patokan kalau gir sudah aus dan harus segera diganti.

Ada beberapa indikasi lain yang harus diperhatikan pada gir motor Anda sebelum memastikan untuk mengganti gir motor. Intinya, menurut para mekanik, mata gir yang berubah jadi tajam itu bukan satu-satunya patokan.

Kalau mata gir yang tajam itu biasanya tidak rata, terkadang ada di satu atau dua bagian saja.

Akan tetapi, untuk mendapat kepastian lebih akurat, sebaiknya melihat patokan yang lebih jelas, yaitu dengan memerhatikan ada atau tidaknya lekukan antarmata gir karena beban berat dari rantai itu justru di area tersebut.

Umumnya, gir yang sudah dipakai cukup lama akan muncul bekas gesekan dan membuat warnanya sedikit berbeda di lekukan tersebut.

Karena di area ini gesekan dengan rantai paling besar.

Jika gir sudah berumur, kadang terjadi rantai lepas dari jalur gir, padahal mata gir belum tajam, biasanya karena area lekukannya ternyata sudah tergerus total.

Apalagi pada motor-motor yang mungkin sudah tiga tahun belum ganti gir, pasti terlihat jelas kalau lekukannya ada bekas termakan.

Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi dan bisa membahayakan, lebih baik segera ganti gir motor Anda. Yang terpenting, saat melakukan pengecekan gir motor juga harus lebih teliti dalam mengecek setiap bagiannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top