Jika Motor Sudah Menjelajah 50.000 km, Baiknya Ganti Komponen Ini!

Ada sebuah komponen pada motor Anda yang kami sarankan untuk diganti jika motor Anda telah menempuh jarak 50.000 km.

Komponen yang kami sarankan untuk diganti ini adalah komponen yang berada di dalam mesin.

Patut Anda ketahui bahwa di bengkel resmi, motor yang sudah menempuh 50.000 km pasti disarankan untuk servis besar dan ganti piston berserta ring pistonnya.

Hal ini berlaku untuk motor yang menggunakan piston model forged ataupun casting.

Meski piston model forged lebih kuat dari model casting, tetap disarankan untuk dicek dan diganti jika perlu setelah motor dipakai menempuh jarak 50.000 km.

Kalau berdasarkan ketentuan pabrikan, garansi ring dan piston itu hanya sampai 50.000 km atau 5 tahun pemakaian. Hal ini sebenarnya bisa menjadi patokan juga untuk mengetahui usia pemakaian piston dan ring piston. Hal ini harus menjadi perhatian Anda sebab ada banyak kasus ring piston motor mulai lemah ketika sudah menempuh jarak pakai 50.000 km.

Berdasarkan pengalaman, setelah menempuh jarak 50.000 km gejala ring piston lemah atau aus mulai terasa atau sering terjadi. Oleh karena itu, piston dan ring pistonnya disarankan untuk diganti setiap 50.000 km pemakaian.

Patut Anda ketahui pula bahwa pergantian piston dan ring piston motor berlaku juga untuk kelipatan 50.000 km, misalnya di jarak tempuh 100.000 km atau 150.000 km. Sedangkan untuk pergantian blok silinder bergantung pada kondisi dinding liner atau boring. Sebenarnya, selama belum ada baret pada boring, blok silinder tidak perlu diganti. Namun, jika Anda memiliki budget lebih, lebih baik ganti juga blok silindernya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top