Salah Satu Komunitas Harley Jakarta Gelar Pelatihan Berkendara Aman

Harley Owners Group (H.O.G) Anak Elang Jakarta Chapter menggelar Motorcycle Safety Riding Training di Kompleks MPR/DPR RI.

Ini merupakan giat safety riding pertama yang dilakukan oleh H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter di bawah Pengurus Periode 2021 – 2024.

Kegiatan bertajuk H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Safety Riding Training ini ditangani langsung oleh Jakarta Defensive dibuka oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Dalam sambutannya ia mengingatkan bahwa mengendarai kendaraan berkubikasi besar juga memiliki tanggung jawab besar.

“Yang paling penting adalah menjaga keselamatan kita dan juga orang lain,” kata Bamsoet, Selasa (30/11/2021).

Bamsoet juga apresiasi inisiatif H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter dalam meningkatkan skill berkendara bagi anggota komunitas yang berdiri tanggal 5 Juli 2017 tersebut.

“H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter sebagai komunitas motor memiliki ciri khas tersendiri yaitu kompak dan memiliki solidaritas tinggi atau brotherhood,” kata Bamsoet. 

Menurutnya selain menunjukkan inisiatif sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas, komunitas ini berperan aktif dalam masyarakat melalui kegiatan rutin bakti sosial.

Bahkan touring H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter selalu dibarengi dengan kegiatan bakti sosial, seperti untuk pesantren, masjid, gereja, sekolah, tempat yang mengalami bencana dan lain-lain.

Sementara itu, Direktur H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter, menyebut para anggota diajarkan teori dan praktik di lapangan,  antara lain teknik pengereman, berbelok hingga memutar balik.

Skill harus terus diasah karena mungkin saja secara teori kita sudah paham mengenai cara berkendara yang baik atau mendapat ilmu yang telah diriset oleh para ahli yang kompeten, tetapi dalam pengaplikasiannya di lapangan situasinya bisa sangat berbeda,” ujar Suherli.

Antusiasme peserta sampai 100 orang

Kegiatan safety riding training H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter berlangsung melebihi ekspektasi.

Jumlah peserta mencapai 100 orang. Setiap peserta training telah mendapatkan dua dosis vaksinasi Covid-19 dan menunjukkan lolos tes swab antigen Covid-19 terbaru dengan hasil negatif.

Safety Riding Training ini memang terutama ditujukan bagi anggota baru H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter.

Namun agar training dapat terlaksana optimal, saat ini belum bisa menampung semua peminat.

“Nantinya safety riding training akan diadakan lagi di awal tahun 2022,” tutup Hari Gunawan selaku Ketua Panitia H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Safety Training.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top