TIPS DR OTO : CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR MOBIL

Otomania,  system pendingin mesin yang lebih dikenal radiator membutuhkan perawatan secara berkala agar dapat memberikan kontribusi maksimal pada kinerja mesin. Kali ini DR OTO akan memberikan Tips cara menguras radiator :

Persiapan :

  1. Siapkan air kran dan selang yang bersih diujung selang ditutup kain kassa untuk menyaring kotoran tidak masuk dalam radiator.
  2. Siapkan produk pembersih saran DR OTO gunakan Prestone Radiator Flush 1 botol.
  3. Siapkan cairan pendingin radiator saran DR OTO gunakan hanya produk Prestone Ready to Use Coolant dengan kemasan kuning siap pakai (mengandung 30% EG)
  4. Siapkan tutup pembuangan radiator terletak bagian bawah terbuat dari plastic untuk jaga2 apabila tutup sudah getas atau patah saat dibuka.
  5. Pastikan radiator dalam keadaan dingin, jangan menguras radiator ketika mesin dalam keadaan panas karena sangat berbahaya.

Cara membersihkan atau menguras radiator.

  1. Buka tutup pembuangan radiator ada di bagian bawah radiator  biasanya berwarna putih atau hitam terbuat  dari plastic.
  2. Setelah terbuka dan air mulai mengalir keluar buka tutup bagian atas.
  3. Setelah air keluar semua tutup kembali lubang pembuangan radiator.
  4. Masukan 1 botol Prestone Radiator Flush dalam radiator kemudian isi dengan air keran hingga penuh dan tutup radiator.
  5. Hidupkan mesin  hingga thermostart terdengar membuka dan biarkan sekitar 10 menit kemudian matikan mesin, setelah itu buka tutup radiator secara berlahan dengan menggunaka lapisan kain tebal, buka dengan hati-hati agar air panas tidak mengenai tangan.
  6. Setelah air dalam radiator tidak terlalu panas buka lubang pembuangan radiator hingga air terkuras semua, tutup kembali dan isi dengan air keran hingga penuh kemudian tutup kembali, lakukan seperti pada point 5.
  7. Setelah itu kucurkan air keran dalam radiator sambil menyalakan mesin dan lubang pembuangan tetap dibuka agar air bersih bersirkulasi dan sisa ditergent ikut terkuras  hingga bersih.
  8. Setelah semua air terbuang dalam radiator tutup lubang pembuangan.
  9. Tuangkan Prestone Radiator coolant dalam radiator hingga penuh,  tutup radiator dan hidupkan mesin sekitar 10 menit dan matikan mesin.
  10. Buka tutup radiator dan isi kembali Prestone Radiator coolant apabila cairan dalam radiator berkurang selanjutnya tutup radiator.
  11. Bersihkan tabung cadangan air radiator dan isi dengan cairan Prestone Radiator Coolant.

Demikian tips cara menguras dan membersihkan radiator semoga bermanfaat untuk lebih jelas mengenai manfaat cairan radiator dapat membuka web : www.coolant.id