Di Amerika, Marc Marquez Kembali Digdaya, Quartararo Makin Dekat dengan Gelar Juara

Sesuai prediksi kami saat memuat artikel tentang asa yang masih menyala dari Marquez. Pembalap tim Repsol Honda tersebut kembali menunjukkan kekuatannya dan menaklukkan balapan MotoGP Amerika di Circuit of The Americas (COTA).

Di akhir lomba, Marc Marquez unggul cukup lebar dari Fabio Quartararo yang menempati posisi kedua.

Awalnya, Marquez melakukan start dari posisi 4, lalu ia langsung melesat sejak awal setelah melakukan akselerasi yang cepat. Marquez pun langsung memimpin balapan sejak tikungan pertama, diikuti oleh Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia.

Pada 5 lap awal Marquez masih bermain aman dan tidak berjarak begitu jauh dari pembalap di belakangnya. Setelahnya, barulah Marquez menemukan ritme balapnya, edannya ia langsung makin melaju cepat dan memperlebar jarak.

Podium 2 diamankan Fabio Quartararo yang sejak awal memang berada di posisi kedua. Posisi ketiga berhasil diamankan oleh Francesco Bagnaia yang sebenarnya memulai balapan dengan kurang bagus. Start dari posisi terdepan, Pecco Bagnaia malah mengendur dan melorot di putaran awal dan baru menemukan ritme balapnya pada pertengahan balapan.

Pada Lap 13, Miller sempat memberikan posisinya dengan mudah ke Bagnaia yang kemudian mencoba mengejar pembalap Jorge Martin yang sempat berjarak 2 detik. Di saat Bagnaia mendapatkan ritmenya, Martin malah melambat dan terus tertekan oleh Pecco. Pada saat Pecco sudah sangat dekat, Martin mendapat hukuman long lap penalty karena melaju melewati track limit.

Tak butuh waktu lama Pecco menyalip Martin yang sudah mulai kehabisan kekuatan. Martin baru menjalani long lap penalty-nya di lap terakhir dan posisi keempat harus diserahkan ke Alex Rins.

Sementara itu, Valentino Rossi kembali menjalani balapan kurang bagus di akhir pekan ini. Di tikungan pertama Rossi berada di posisi paling belakang, namun berhasil menemukan ritmenya dalam beberapa lap terakhir. Akhirnya, Rossi berhasil finis P15 dan meraih satu poin pada balapan ini. Berikut hasil lengkap dari, COTA, pada MotoGP Amerika 2021:

Finis kedua di MotoGP Amerika 2021, Fabio Quartararo berhasil memperbesar peluangnya menjadi juara dunia MotoGP 2021. Tambahan 20 poin membuat Fabio Quartararo kini mengoleksi 254 poin, memperlebar jarak dari Francesco Bagnaia.

Francesco Bagnaia yang finis ketiga pada balapan ini menambah pundi-pundi poinnya menjadi 202 poin. Masih ada 3 balapan lagi tersisa di Misano, Portimao, dan Valencia untuk menentukan siapa juara MotoGP 2021. Namun, dengan jarak 52 poin saat ini, Quartararo berpeluang besar mengunci gelar juara MotoGP 2021 di seri selanjutnya di Misano.

Syaratnya, Quartararo harus mempertahankan keunggulan lebih dari 50 poin usai balapan selanjutnya berakhir. Simpelnya, Quartararo harus finis lebih baik dari Pecco atau kedua pembalap sama-sama tidak meraih poin agar gap lebih 50 poin terjaga. Sementara itu, berkat performa gemilangnya, Marc Marquez membuat posisinya naik di tabel klasemen. Marquez naik 2 posisi, kini berada di peringkat ke-7 dengan 117 poin.

Sedangkan, Joan Mir yang finis ke-7 sudah resmi keluar dari jalur perebutan juara MotoGP 2021. Jarak poin Mir dan Quartararo mencapai 78 poin dan tidak mungkin bisa mengejarnya dalam 3 seri tersisa.

Berikut klasemen sementara setelah seri balapan di Amerika lalu:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top