Agar Terhindar dari Highway Hypnosis, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Tahukah Anda bahwa saat mengemudi jarak jauh seperti di jalan tol, sopir berpotensi mengalami highway hypnosis atau berkurangnya konsentrasi tanpa sadar.

Dalam kondisi tersebut, biasanya pikiran pengemudi teralihkan sesaat. Gejala hialng kesadaran sesaat karena berkendara di jalan tol bisa menjadi pemicu terjadinya kecelakaan fatal.

Hilangnya kesadaran sesaat saat mengemudi di jalan tol biasanya bisa terjadi karena profil jalan bebas hambatan atau tol hampir selalu lurus, monoton, dan pemandangannya tidak ada yang menarik.

Highway hypnosis ini adalah seperti hilang kesadaran akibat dihipnotis, highway hypnosis pun bisa dialami siapa saja meskipun sudah cukup tidur atau istirahat lantaran tercipta akibat lingkungan berkendara yang membosankan.

Sebenarnya, highway hypnosis dapat dihindari dengan beberapa cara, salah satunya adalah tetap fokus dan tidak terlalu banyak memikirkan hal di luar mengemudi mobil.

Anda harus tahu bahwa berdasarkan perhitungan aritmatika, pikiran yang teralihkan selama dua detik pada kecepatan 80 km/jam bisa membuat kehilangan kendali mobil sejauh lebih dari 44 meter. Dengan perbandingan tersebut, jarak 44 meter tanpa kendali penuh di jalan tol sudah cukup untuk memicu kecelakaan fatal seperti menabrak pembatas jalan atau bagian belakang mobil lain.

Langkah pencegahan berikutnya adalah dengan mengatur posisi duduk senyaman mungkin, tetapi harus tetap mengutamakan keselamatan dengan memakai sabuk pengaman.

Pengemudi juga dapat senam ringan untuk mengurangi kelelahan dan tidak cepat bosan, bisa dengan menggerakkan leher ke kiri dan kanan serta atas dan bawah, termasuk tangan dan badan supaya tidak kaku dan tetap rileks.  

Kemudian, mendengarkan musik kesukaan disebutkan juga dapat menjaga konsentrasi dan membuat tubuh lebih nyaman saat mengemudi mobil. Namun, Anda harus mengatur volume musik agar tidak terlalu keras dan Anda akan tetap dapat mendengarkan suara dari lingkungan sekitar mobil untuk mengantisipasi keadaan. 

Lebih lanjut, supaya tidak cepat bosan, sempatkan menengok kondisi di belakang mobil melalui spion tengah dan samping, yang juga berguna untuk memantau kondisi. 

Jangan paksakan mengemudi, segera istirahat di rest area kalau telah berkendara selama maksimal tiga jam untuk mengurangi badan letih dan rasa bosan.

Anda juga harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima dengan melakukan servis tiap enam bulan.

Dengan melakukan kiat-kiat di atas, seharusnya Anda bisa terhindar dari bahaya kecelakaan karena highway hypnosis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top